Sunday 5 October 2008

Resep Otak Super..!!!

Kolesterol/Lemak

Kolesterol/lemak berfungsi untuk membentuk dinding sel, terutama di otak. Ini bisa diperoleh pada telur, susu dan hasil produknya.

Asam Folat

Asam folat merupakan mineral untuk ibu hamil yang berfungsi membawa O2 (oksigen) pada otak janin. Asam folat ini bisa diperoleh pada ayam, daging, telur, kacang-kacangan, sayur dan buah.

Protein

Protein, kita sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Protein bagi otak, berfungsi untuk memelihara sel jaringan otak. Protein ini bisa kita peroleh yaitu protein hewani yang bisa didapat dari daging hewan, protein nabati serta vitamin A dan vitamin B kompleks.

Lecithin

Lecithin merupakan zat kapur yang diperlukan untuk pertumbuhan sel otak. Lecithin ini bisa kita peroleh dari protein hewani.

Zn & Io

Zn dan Iodine ini zat yang berpengaruh pada pertumbuhan sel otak. Zat ini banyak dijumpai pada ikan-ikanan, kacang-kacangan, biji-bijian.

Asam Lemak Esensial

Zat yang satu ini sangat berguna untuk membangun sel saraf pada otak. Asam lemak esensial ini bisa dijumpai pada omega 3 dan DHA yang berasal dari minyak ikan sarden, tuna, salmon, tengiri, bawal, jagung, dan kedelai.

Sialic Acid (SA)

Zat SA ini sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi. SA bisa diperoleh dari susu dan olahannya dan telur.

Yodium + Asam Amino Tyrosin

Kedua zat ini akan menghasilkan hormon tiroksin yang berguna untuk perumbuhan dan IQ. Zat ini diperoleh dari garam.

Zat Lainnya

Neurotransmitter

Neurotransmitter ini merupakan zat yang dikirim oleh neuron untuk berkomunikasi.

Neurophinephrine (NE)

NE ini merupakan neurotransmitter yang berpengaruh pada daya ingat dan belajar. NE bisa diperoleh dari alpokat, pisang, produk olahan susu, dan kuaci.

Serotonin

Serotonin merupakan zat yang menciptakan rasa senang dan tenang. Ini bisa didapat dari tryptophan dan asam amino yang berasal dari susu, pisang, beras merah, daging, keju, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Acetylcholine

Zat ini membantu untuk peroses berpikir, mengingat, dan konsentrasi. Acetylcholine ini diperoleh dari vitamin B, kuning telur, gandum, kedelai, daging (semua yang mengandung lechitin).

No comments: